Biaya Vaksin Kucing di Puskeswan 2024: Umur & Jenis

Andri Darmawan

Biaya Vaksin Kucing di Puskeswan – Tidak cukup di beri makanan yang bernutrisi, kucing juga perlu divaksinasi untuk menjaga kesehatannya. Pemberian vaksin kucing bertujuan untuk membuat peliharaan kalian tetap sehat.

Namun, berapa sih biaya vaksin kucing di puskeswan yang harus kalian butuhkan? Biasanya harga vaksin sendiri tergantung dari umur dan jenis yang kalian pilih. Ada beberapa jenis vaksin yang harus kalian ketahui supaya tidak salah pilih nantinya.

Biaya vaksin kucing di puskeswan sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu vaksin dasar dan tambahan. Sementara itu, bisa ditinjau dari tahapannya, ada tiga tahap vaksinasi kucing, yakni tahap I Trcat, tahap II Tetracat, dan tahap III Rabies.

Sebelumnya, perlu diketahui juga bahwa biaya vaksin kucing di puskeswan ini dapat berbeda-beda. Tergantung pada umur atau tempat melakukan vaksinasi dan juga dokter yang menanganinya. Buat kalian yang sudah penasaran, lebih baik simak terus pembahasan dibawah ini.

Manfaat Vaksin Kucing

Secara umum, manfaat vaksinasi kucing adalah untuk melindungi hewan tersebut dari penyakit, entah itu yang disebabkan oleh infeksi bakteri, maupun infeksi virus. Tak hanya itu, vaksin kucing juga bermanfaat dalam memperkuat imun pada hewan.

Dan vaksin yang diberikan untuk kucing adalah vaksin untuk mencegah supaya tidak terjadi infeksi feline panleukopenia atau feline parvorius (FPV). Perlu diketahui bahwa infeksi tersebut merupakan penyakit yang sangat menular dan tingkat kematiannya tinggi pada anak kucing.

Melalui adanya vaksinasi, kucing akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi terhadap infeksi maupun virus. Alhasil, risiko penularannya pun akan rendah, jika kucing terinfeksi virus tersebut gejalanya di harapkan tidak terlalu parah.

Syarat Vaksin Kucing di Puskeswan

Ketika ingin mengetahui biaya vaksin kucing di puskeswan, kalian juga harus memahami beberapa syarat dan ketentuannya. Artinya, tindakan tersebut harus sesuai dengan arahan atau pun prosedur dari petugas puskeswan. Berikut syarat-syarat yang perlu dipenuhi sebelum di vaksinasi.

  • Kucing sudah cukup umur
  • Kucing dalam keadaan sehat
  • Kucing terhindar dari stres
  • Jangan grooming sebelum vaksinasi

Prosedur Vaksin di Puskeswan

Kalian juga harus tahu prosedurnya, bahwa vaksin yang akan di suntikan harus menjalani pengujian keamanan yang ketat, sebelum dilisensikan untuk digunakan pada kucing oleh pihak berwenang.

Saat kucing akan di vaksinasi, kucing harus dalam kondisi sehat karena nanti juga menjadi salah satu syarat sebelum kucing itu di vaksin. Supaya nanti saat melakukan vaksin secara langsung tubuh hewan stabil.

Sebelum divaksin ada baiknya kucing diberikan obat cacing atau obat kutu, sehingga sudah terbebas dari penyakit cacingan dan penyakit yang disebabkan oleh kutu. Meskipun vaksin mempunyai banyak manfaat buat kucing, prosedur kesehatan ini juga dapat menimbulkan efek samping. Maka dari itu kalian tidak boleh sembarangan membawa kucing dan memperhatikan prosedur vaksin.

Biaya Vaksin Kucing di Puskeswan

Perlu diingat, tarif untuk vaksin kucing di puskeswan juga bisa berbeda di beberapa wilayah. Biasanya harga vaksin kucing peliharaan di tempat pelayanan kesehatan khusus hewan tersebut nantinya akan bergantung pada usia atau umurnya.

Selain itu, jenis vaksin yang digunakan juga umumnya akan mempengaruhi besaran biayanya. Daripada penasaran langsung simak saja rincian biaya vaksin kucing di puskeswan untuk semua usia dan jenisnya di bawah ini.

USIAVaksin TricatVaksin TetracatVaksin Rabies
8-10 MingguRp 800.000 – Rp 200.000Rp 180.000 – Rp 210.000
12-14 MingguRp 170.000 – Rp 200.000Rp 180.000 – Rp 210.000
20 MingguRp 100.000
6 BulanRp 100.000 – Rp 250.000Rp 180.000 – Rp 210.000

Waktu Ideal Vaksin Kucing

Setelah memahami biaya vaksin kucing di puskeswan, pahami juga kapan waktu yang tepat untuk melakukan vaksin. Dimana waktu vaksin kucing dibagi menjadi beberapa tahap. Vaksin tahap I diberikan pada kucing saat berusia 8-10 minggu dari hari kelahiran, vaksin tersebut untuk melindungi kucing dari penyakit Feline Panleucopenia.

Vaksin tahap II dilakukan saat kucing berusia 12-14 hari, pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan vaksin tahap I, hanya saja tahap ini memiliki satu tambahan manfaat. Untuk tahap III berguna untuk menghindari kucing dari penyakit rabies, vaksin ini diberikan saat kucing berusia 20 minggu.

Kesimpulan

Demikian informasi dari adikublog seputar tentang biaya vaksin di puskeswan, beserta manfaat dan cara memvaksin kucing. Semoga menjadi referensi kalian jika membutuhkan.

Bagikan: