Biaya Operasi Katarak 2024: Pasien Umum & BPJS

Andri Darmawan

Biaya Operasi Katarak – Mengidap penyakit katarak bukanlah hal yang menyenangkan karena kalau keadaan sudah cukup buruk kalian akan kesulitan untuk melihat. Mungkin penyakit ini kerap dihubungkan dengan umur yang sudah tua ataupun muda juga bisa terkena penyakit ini.

Kalian mungkin perlu mengetahui berapa biaya operasi katarak yang ditawarkan di rumah sakit maupun klinik. Dimana hal tersebut mungkin akan membantu kalian untuk mempersiapkan biaya yang akan dibutuhkan. Terutama jika pembayarannya tidak menggunakan asuransi atau BPJS kesehatan.

Tentu kalian tidak ingin penglihatannya semakin memburuk sehingga kalian mencari agar bisa terbebas dari katarak. Salah satu yang bisa dilakukan mungkin lewat tindakan operasi. Tetapi banyak dari kalian tidak melakukannya karena khawatir dengan biaya operasi katarak yang terbilang mahal.

Estimasi biaya operasi katarak ini berkisar antara jutaan hingga puluhan juta rupiah, operasi katarak ini menjadi pilihan terbaik jika kalian mengalami penurunan fungsi pada penglihatan. Perlu diperhatikan juga bahwa biaya operasi tentu akan berbeda-beda tergantung dari rumah sakit atau wilayah.

Tujuan Operasi Katarak

Katarak merupakan penyakit di mana penderitanya mengalami kekeruhan pada lensa bola mata yang mengakibatkan penglihatan menurun sehingga mengakibatkan kebutaan. Operasi dalam hal ini bertujuan untuk tindakan medis bisa mengangkat katarak yang membuat keruh pada lensa mata.

Jadi, kalau mata kalian sudah keruh nantinya akan digantikan dengan lensa buatan yang lebih bening. Dengan adanya tindakan ini mempunyai banyak manfaat atau tujuan supaya pasien nanti bisa melihat dengan lebih jelas dan baik.

Prosedur Operasi Katarak

Ketika ingin mengetahui biaya operasi katarak, kalian juga harus memahami prosedur tindakannya. Tentunya tindakan operasi katarak akan dilakukan oleh tenaga medis profesional seperti dokter spesialis mata berpengalaman di rumah sakit.

Pada umumnya untuk proses operasi katarak ini akan memakan waktu selama 30-45 menit, dalam hal ini pasien akan tetap sadar dan membuka matanya sampai operasi selesai. Jika pasien cemas sebelum menjalani operasi, maka pasien akan diberikan obat bius atau penenang supaya memudahkan operasi katarak secara berlangsung.

Selanjutnya dokter akan memberikan obat tetes khusus untuk melebarkan pupil, setelah pupil melebar dokter akan memberikan obat bius pada mata agar bola mata akan mati rasa, dan pasien tidak merasa sakit selama operasi katarak. Kemudian dokter membersihkan kulit pada bagian sekitar kelopak mata, selanjutnya meletakkan kain di atas kepala dan sekitar mata pasien.

Dalam operasi katarak, lensa yang sudah keruh selanjutnya dihancurkan dengan alat khusus, kalau sudah hancur kemudian lensa tersebut diangkat dari bola mata diganti sama lensa buatan (IOL). Tetapi pada beberapa kasus ini, penggantian lensa buatan tidak dibutuhkan.

Biaya Operasi Katarak

Biaya operasi katarak bisa berbeda-beda, tergantung pada rumah sakit dan teknik operasi, jenis obat, jenis lensa dan obat bius digunakan selama operasi katarak berlangsung. Karena semakin canggih lensa yang digunakan maka biaya operasi katarak akan semakin mahal.

Dalam hal ini biasanya pasien dimintai keterangan untuk memilih layanan biaya untuk operasi, nantinya kalian disuruh memilih salah satu dari pilihan tersebut untuk mengambil pasien umum atau pasien BPJS karena dari layanan dua tersebut akan berbeda-beda.

Pasien Umum

Biasanya kalau di rumah sakit swasta di Indonesia, untuk pasien umum membutuhkan biaya operasi katarak berkisar dari Rp 6.500.000 sampai kurang lebih Rp 16.000.000 untuk satu mata. Sementara kalau di luar negeri biaya operasi berkisar dari Rp 11.000.000. Jadi buat kalian harus mempersiapkan biaya lebih untuk kebutuhan tambahan yang tidak terduga.

Pasien BPJS

Dari biaya rincian diatas, diketahui bahwa biaya operasi katarak cukup mahal. Biayanya pun mencapai puluhan juta rupiah, jika kalian tidak memiliki jaminan kesehatan, seperti asuransi kesehatan atau kartu Badan Penyelenggara Jaminan kesehatan (BPJS Kesehatan) mungkin biaya operasi akan sangat mahal.

Namun sebelumnya, kalau kalian mempunyai kartu BPJS dan terdaftar sebagai anggota BPJS, kalian memiliki hak untuk menggunakan layanan tersebut untuk operasi katarak. BPJS menanggung semua biaya sehingga operasi dapat dilakukan secara gratis.

Tetapi kamu harus mengikuti prosedurnya, supaya nanti tidak ada biaya operasi katarak. Adapun prosedurnya yaitu mendapatkan surat rujukan dari fasilitas kesehatan pertama (Faskes tingkat 1) selanjutnya melakukan pemeriksaan ke spesialis mata.

Keputusan dilakukannya operasi atau tidak yaitu melalui hasil dari diagnosis dokter spesialis mata. Jika hasil tersebut mengharuskan operasi katarak, barulah kalian mendapatkan layanan BPJS dan tidak ada biaya operasi sekecil pun.

Efek Samping Operasi Katarak

Nah, setelah pasien melakukan operasi katarak tentu saja pasti ada risiko efek-efeknya. Ada juga nanti ada yang tidak mengalami efek sama sekali, biasanya tergantung dari pasien itu sendiri ada riwayat penyakit lainnya atau tidak.

Ada beberapa efek samping operasi katarak yaitu:

  • Rasa tidak nyaman pada mata
  • Penglihatan pudar dan buram
  • Mata bengkak dan memerah
  • Sensasi seperti ada benda asing di mata
  • Mata gatal atau kering
  • Perubahan pada persepsi warna
  • Komplikasi infeksi pada bola mata
  • Kapsul posterior yang mengembang menjadi keruh, sehingga dalam kondisi ini kapsul bekas lensa mengalami pengaburan atau sedikit penebalan dan mengakibatkan penglihatan menjadi buram

Meskipun ada efek samping pasca operasi katarak umum terjadi pada kebanyakan pasien, biasanya pasien akan melaporkan bahwa gejala tersebut hanya bersifat sementara. Dan perlahan akan membaik dalam beberapa minggu setelah operasi.

Tetapi, kalau efek samping operasi katarak tidak kunjung sembuh atau berlangsung lebih lama dan semakin parah. Pasien harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih tepat.

Tips Persiapan Operasi Katarak

Sedikit tips buat kalian yang akan melakukan tindakan operasi mata katarak. Juga harus sudah mempersiapkan baik secara fisik, general atau umum. Persiapan operasi ini sebenarnya sederhana tapi sering diabaikan calon pasien.

Maka dari itu, keluarga dan calon pasien itu berperan sangat penting untuk mengingatkannya. Berikut persiapan sederhana buat pasien yang akan melakukan operasi katarak.

  • Minimal 1 orang dari keluarga pasien untuk mendampingi. Sebab, pasien setelah melakukan operasi katarak biasanya membutuhkan pendamping karena mata masih belum stabil dan buram
  • Sudah mandi dan keramas
  • Sudah sarapan
  • Tidak memakai aksesoris berlebihan
  • Kondisi rapi dan bersih
  • Pasien lansia wajib menggunakan pampers

Kesimpulan

Demikian seluruh informasi dari abikublog.com mengenai rincian biaya operasi katarak beserta tips persiapan operasi. Semoga artikel diatas bisa membantu dan dapat menjadi referensi buat kalian ketika ingin menjalani operasi katarak.

Bagikan: