Biaya Mengeluarkan Benda Asing dari Hidung 2024: Gejala & Efek

Andri Darmawan

Biaya Mengeluarkan Benda Asing dari Hidung – Hidung dalam tubuh manusia sangat komplit sebagai organ pernafasan yang berfungsi sebagai indra penciuman. Pasalnya jika hidung kemasukan benda asing maka bisa mengakibatkan efek-efek lain pada tubuh.

Oleh karena itulah, berkonsultasi ke dokter menjadi peran penting bagi para pasien yang mengalami gangguan pada sistem pernafasan. Namun masih ada banyak orang diluar sana belum memahami berapa besaran biaya mengeluarkan benda asing dari hidung.

Biasanya biaya mengeluarkan benda asing dari hidung akan berbeda-beda di beberapa tempat pelayanan kesehatan. Selain itu, penggunaan fasilitas medis hingga tingkat kesulitan penanganannya juga biasanya nantinya akan mempengaruhi tarif jasa pelayanan.

Maka dari itu, apabila sobat Abikublog mengalami permasalahan serupa seperti diatas, sebaiknya pahami terlebih dahulu rincian biayanya. Untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan daftar biaya mengeluarkan benda asing dari hidung.

Gejala Hidung Kemasukan Benda Asing

Selama ini kalian mungkin hanya tahu permasalahan hidung seperti meler, mampet, atau paling parah yaitu kehilangan indra penciuman. Masalah faktor lainnya juga kerap terjadi pada hidung, seperti kemasukan benda asing.

Kemasukan benda asing di hidung sering terjadi pada anak-anak. Umumnya, benda yang masuk ke dalam hidung baik itu disengaja atau tidak diantaranya yaitu seperti mainan kecil, serpihan penghapus, kertas, tisu, dan serangga.

Tanpa disadari, hal tersebut akan menyebabkan luka serius di hidung dalam jangka waktu cukup cepat. Nah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai biaya mengeluarkan benda asing dari hidung, sebaiknya ketahui terlebih dahulu gejalanya berikut ini.

  • Keluar cairan dari hidung hingga berbau busuk
  • Hidung sulit bernafas dan tersumbat
  • Bagian hidung nyeri
  • Kepala sakit
  • Demam
  • Mimisan
  • Muncul suara siulan di hidung ketika bernafas

Efek Hidung Kemasukan Benda Asing

Kemasukan benda asing juga dapat menyebabkan pembengkakan ke lapisan mukosa hidung. Bahkan apabila erosi pada mukosa hidung mengeras maka bisa menjadi jaringan granulasi. Hal tersebut juga dapat merusak septum nasi karena benda asing yang masuk bersifat korosif seperti logam berat (baterai).

Jika benda asing tersebut tidak segera dikeluarkan, efeknya dapat mengakibatkan komplikasi serius. Dapat menimbulkan risiko bahaya karena benda asing dapat masuk lebih dalam ke saluran pernafasan dan menyebabkan gagal nafas, seperti lainnya bisa berupa infeksi dan perdarahan.

Penanganan Pertama Hidung Kemasukan Benda Asing

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai biaya mengeluarkan benda asing dari hidung. Kalian juga perlu ingat dan dapat melakukan langkah penanganan pertama ketika seseorang seperti anak kecil mengalami permasalahan tersebut. Agar lebih jelasnya, simak baik-baik pembahasannya di bawah ini.

  • Jangan memasukkan jari ataupun ke dalam lubang hidung untuk mengeluarkan benda tersebut. Hal ini bisa mendorong benda yang terjebak masuk semakin dalam ke rongga hidung.
  • Jika kalian tidak bisa melihat benda asing tersebut, jangan sesekali mencoba untuk mengeluarkannya. Dalam kondisi ini, bawalah langsung ke dokter untuk meminta bantuan.
  • Jika kalian merasa bahwa belum sepenuhnya benda asing itu keluar dari hidung, segera pergi ke rumah sakit.
  • Jika kalian sudah mengeluarkan benda asing yang terjebak akan tetapi hidung masih tetap berdarah, maka bawalah ke rumah sakit.

Untuk itu selanjutnya bawalah segera ke dokter THT untuk menangani tindakan segera. Dokter THT akan menjalankan pemeriksaan fisik di organ hidung, tidak kemungkinan bisa dilakukan pemeriksaan x-ray dan neseondoskopi jika benda asing susah terlihat.

Setelah benda asing tersebut sudah keluar, dokter mungkin akan meresepkan obat tetes hidung, salep antibiotik, atau antibiotik oral jika terjadinya ada infeksi tersebut. Maka peran orang tua sangat penting untuk mempunyai pengetahuan cara untuk mengatasinya.

Biaya Mengeluarkan Benda Asing dari Hidung

Saat bagian hidung bermasalah, mungkin kalian ingin segera mengunjungi dokter, salah satunya seperti rumah sakit. Di beberapa rumah sakit, untuk menangani masalah mengeluarkan benda asing dari hidung bisa membutuhkan biaya mencapai ratusan ribu rupiah.

Selain itu, perlu diingat bahwa besaran biaya layanan rumah sakit tersebut dapat lebih mahal tergantung dari tindakan dari medis yang dilakukan. Nah, untuk tarif dokter di rumah sakit biasanya berkisar antara Rp 90.000 hingga Rp 300.000. Namun, ada juga sebagian rumah sakit yang mengenakan biaya hingga Rp 600.000

Seperti sudah dijabarkan diatas bahwa biaya mengeluarkan benda asing dari hidung di rumah sakit tidaklah murah. Apabila kalian ingin mencari harga yang lebih terjangkau atau bahkan gratis, kalian bisa periksa di puskesmas terdekat dan memanfaatkan BPJS Kesehatan.

Jika kalian tidak mempunyai BPJS kesehatan, biaya mengeluarkan benda dari dalam hidung di puskesmas yaitu kurang lebih sekitar Rp 50.000. Perlu diingat, tarif pelayanan di puskesmas ini tentunya dapat lebih tinggi jika memerlukan tindakan yang lebih serius.

Jadi untuk tarif jasa mengeluarkan benda asing tidak terlalu mahal. Meski begitu, kalian tetap perlu mempunyai dana tambahan untuk hal-hal yang tidak terduga, salah satunya dengan asuransi kesehatan supaya kalian aman dan nyaman ketika harus ke dokter.

Tips Mencegah Hidung Anak Kemasukan Benda Asing

Komplikasi sering terjadi pada benda asing masuk ke hidung bisa menyebabkan nekrosis, ulserasi mukosa dan erosi di pembuluh darah. Pembengkakan di hidung dapat menyebabkan obstruksi pada drainase sinus. Benda organik masuk ke hidung biasanya cenderung mengembang dan biasanya lebih simptomatik dari anorganik.

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi pada anak, ada hal-hal yang perlu di perhatikan sebagai tindakan pencegahan, antara lain:

  • Awasi area bermain
  • Jauhkan dari benda-benda kecil yang memiliki kemungkinan bisa masuk ke dalam hidung
  • Berikan arahan bahwa memasukkan benda asing ke dalam hidung itu sangat berbahaya

Kesimpulan

Demikian informasi dari www.abikublog.com mengenai rincian biaya mengeluarkan benda asing dari hidung beserta gejala hingga efek penanganan dan tips pencegahan. Semoga artikel diatas dapat membantu dan menjadi referensi ketika mengalami dengan hal serupa.

Bagikan: