Biaya Berobat ke Dokter Spesialis Saraf di Rumah Sakit 2024

Andri Darmawan

Biaya Berobat Ke Dokter Spesialis Saraf – Jika kalian mengalami masalah dengan sistem saraf, maka dokter spesialis saraf adalah pilihan yang tepat untuk menanganinya. Tetapi, biaya berobat ke dokter spesialis saraf pasti bisa mahal, sebelum itu kalian perlu tahu terlebih dahulu apa si sebenarnya dokter spesialis saraf.

Sistem saraf pada manusia itu sangat kompleks dan sensitif, karena sistem saraf dapat mempengaruhi fungsi tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, berkonsultasi ke dokter spesialis saraf menjadi sangat penting untuk dilakukan bagi para pasien yang mengalami gangguan saraf.

Namun, biaya yang harus di keluarkan ketika berobat ke dokter spesialis saraf cukup mahal. Karena kalian harus menjalani terlebih dulu beberapa tes dan prosedur. Dalam beberapa kasus, kita juga harus berkonsultasi dengan dengan dokter spesialis saraf untuk bisa mengatasi masalah kesehatan kalian.

Biasanya pasien yang disarankan untuk melakukan konsultasi ke spesialis saraf adalah pasien dengan gangguan asutism, aneurisma, ataskia, tumor otak, sindrom down, disleksia, epilepsi, tremor dan gangguan cemas umum. Oleh karena itu kami akan memberikan panduan tentang biaya berobat ke dokter spesialis saraf.

Peran Dokter Spesialis Saraf

Ketika kalian mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan sistem saraf, kalian biasanya akan dirujuk ke dokter spesialis saraf. Kalian sudah tahu apa belum apa itu dokter spesialis saraf dan penyakit apa saja yang bisa ditangani?

Dokter spesialis adalah sebutan dokter ahli yang bertugas dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit yang berhubungan dengan saraf, seperti otak, otot dan saraf tepi.

Seperti disebutkan di awal bahwa peran dokter spesialis saraf itu memiliki pengetahuan mendalam tentang penyakit yang berkaitan dengan sistem saraf manusia. Jadi dalam pengobatan ini dokter spesialis ini menangani diagnosis dan pengobatan penyakit terkait sistem saraf.

Sebelum membahas rincian biaya berobat ke dokter spesialis saraf, berikut ini beberapa jenis penyakit yang ditanganinya.

  • Kejang dan epilepsi
  • Tubuh gemetaran
  • Migrain dan sakit kepala
  • Saraf terjepit
  • Cedera pada kepala
  • Stroke
  • Tumor otak
  • Infeksi otak
  • Infeksi sumsum tulang belakang

Waktu Ideal Berobat ke Dokter Saraf

Waktu untuk berobat ke dokter spesialis bisa dilakukan saat gangguan ini datang, dengan begitu kalian bisa melakukan penanganan segera. Pada umumnya pasien neurologi atau saraf mendapat rujukan dari dokter atau unit gawat darurat.

Rujukan diberikan saat pasien menunjukan gejala gangguan saraf pada saat dialaminya. Dimana pemeriksaan ke dokter spesialis saraf dapat dilakukan dengan tujuan untuk mencegah kemungkinan timbulnya penyakit saraf dimasa depan.

Prosedur Berobat ke Dokter Spesialis Saraf

Sebelum berobat ke dokter spesialis saraf kalian bisa menyiapkan biaya terlebih dahulu. Selanjutnya catat keluhan, obat apa saja yang dikonsumsi, alergi atau riwayat penyakit dalam keluarga. Konsultasi pertama, dokter saraf melakukan pemeriksaan secara fisik dan saraf, selanjutnya menelusuri riwayat keluhan penyakitnya.

Dokter spesialis saraf akan menyarankan pemeriksaan lebih lanjut supaya bisa menentukan diagnosa penyakit pasien. Jika pasien tidak bisa sepenuhnya menjawab pertanyaan saat menjalani tes, baru anggota keluarga atau orang terdekat bisa disarankan untuk ikut menemani.

Pasien juga menjalani pemeriksaan sebagai bagian dalam proses konsultasi penyakit saraf. Pemeriksaan pasien akan dilakukan tergantung pada kondisi dan gejalanya, pemeriksaan awal meliputi dokter spesialis akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada pasien, seperti:

  • Gejala atau keluhan pada gangguan kesehatannya
  • Riwayat penyakit yang diderita
  • Riwayat kesehatan keluarga, misalnya penyakit keturunan
  • Riwayat operasi terapi pada pengobatan yang pernah dijalani pasien
  • Jenis obat obatan yang sedang di konsumsi
  • Gaya hidup, termasuk kebiasaan merokok dan konsumsi minuman alkohol

Selanjutnya pemeriksaan fisik, dokter akan mengukur tinggi badan dan berat badan pasien, kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan meliputi:

  • Pemeriksaan tanda vital, seperti pengukuran tekanan darah, suhu tubuh, denyut jantung dan laju pernafasan
  • Pemeriksaan bagian tubuh tertentu, seperti jantung, paru-paru, perut, kulit, kepala, dan leher

Biaya Berobat ke Dokter Spesialis Saraf

Nah sekarang, berapa sih biaya berobat ke dokter spesialis yang harus kalian keluarkan untuk pemeriksaan saraf. Ada beberapa faktor yang memengaruhi biaya untuk berkonsultasi ke dokter spesialis saraf. Meliputi jenis kondisi, lokasi, penggunaan alat medis, dan asuransi kesehatan.

Biaya untuk berobat ke dokter spesialis saraf bisa bervariasi tergantung dari faktor yang sudah disebutkan di atas. Untuk memberi kalian gambaran umum berapa biaya yang harus di keluarkan, berikut perkiraan beberapa tes dan prosedur yang umum dilakukan oleh dokter spesialis saraf:

1. MRI

MRI yaitu tes pecitraan medis yang menggunakan gelombang magnetik untuk membuat gambar organ pada jaringan dalam tubuh. Biaya ini berkisar antara Rp 1.000.000 sampai Rp 4.000.000.

2. EMG

EMG adalah tes untuk digunakan mengukur aktivitas listrik seperti otot dan saraf. Biaya ini berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp 2.000.000.

3. Konsultasi dengan Dokter Spesialis Saraf

Berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf tergantung pada lokasi dan pengalaman dokter. Rata-rata biaya ini berkisar Rp 500.000 sampai Rp 1.500.000.

4. Prosedur Bedah

Biaya prosedur bedah saraf bisa berkisar antara Rp 50.000.000 sampai Rp 100.000.000.

Tips Persiapan Berobat ke Dokter Spesialis Saraf

Sedikit tips buat kalian ketika hendak berobat ke dokter spesialis saraf, seperti halnya kalian ingin berobat pada umumnya. Jadi konsultasi penyakit saraf tidak memerlukan persiapan khusus. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui pasien ketika menjalani pemeriksaan dengan dokter spesialis saraf. Hal-hal tersebut meliputi:

  • Membawa catatan riwayat hidup
  • Memberi tahu terlebih dahulu ke dokter obat apa saja yang sedang di konsumsi
  • Membawa surat rujukan

Selain itu, kalian juga dapat membuat daftar pertanyaan untuk ditanyakan ke dokter spesialis secara langsung ketika menjalani konsultasi.

Kesimpulan

Demikian informasi dari abikublog.com mengenai rincian biaya berobat ke dokter spesialis saraf beserta prosedur dan tips persiapan berobat. Semoga artikel diatas biasa membantu dan dapat menjadi referensi buat kalian ketika ingin berobat ke dokter spesialis saraf.

Bagikan: