10 Cara Menghidupkan Motor Vario 150 Remot yang Mati

Andri Darmawan

Cara Menghidupkan Motor Vario 150 Remot yang Mati – Seperti diketahui, hampir semua kendaraan keluaran terbaru sudah menggunakan sistem remot (smart key system). Salah satu motor di Indonesia yang sudah menerapkan sistem keyles yaitu Honda Vario 150.

Namun sayangnya, meskipun sudah menggunakan teknologi canggih tetap saja masih ada sebagian besar orang mengalami kendala saat menggunakannya, seperti tidak berfungsi atau bahkan mati. Sehingga banyak orang mencari cara menghidupkan motor Vario 150 ketika remot mati.

Untungnya saat ini masih ada beberapa cara menghidupkan motor Vario 150 saat remot mati yang bisa kalian lakukan dengan mudah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab pihak Honda juga sebenarnya sudah menjelaskan beberapa tips mengatasi saat remot tidak berfungsi.

Apabila sobat Abikublog mengalami permasalahan serupa pada motor Vario 150, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu cara mengatasinya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menghidupkan motor Vario 150 remot yang mati beserta penyebabnya.

Penyebab Remot Vario 150 Mati

Jika kalian bingung cara menghidupkan motor Vario 150 remot yang mati, ketahui terlebih dahulu penyebab remot tersebut bisa mati. Honda Vario 150 merupakan salah satu skuter matik yang sudah populer di Indoensia, karena motor tersebut memiliki performa mesin yang bandel. Selain itu motor ini sudah menggunakan remot.

Namun, terkadang bagi pengguna remot mengalami masalah ketika sistem remot tidak berfungsi pada semestinya. Berikut beberapa penyebab remot Vario 150 tidak berfungsi.

1. Terdapat Kotoran

Salah satu penyebab remot Vario 150 tidak berfungsi sebagaimana mestinya, karena terdapat kotoran pada bagian tombol power. Oleh karena itu, kalian harus membersihkannya guna dapat digunakan kembali. Kotaran tersebut biasanya terdapat pada bagian knob kunci.

2. Jangkauan Sinyal Tidak Optimal

Penyebab paling umum adalah ketika jangkauan sinyal sudah tidak optimal, sehingga membuat remot bermasalah. Oleh karena itu, kalian harus bisa memastikan jarak yang cukup dengan kendaraan supaya bisa mencoba membuka atau mengunci sepeda motor.

3. Kerusakan Sistem Remot

Beberapa masalah pada sistem remot juga bisa disebabkan karena kerusakan pada perangkat elektronik itu sendiri. Hal tersebut dapat terjadi karena kegagalan komponen elektronik atau koneksi internal yang menyebabkan remot tidak berfungsi baik.

4. Baterai Remot Habis

Hal umum yang sering terjadi pada remot adalah baterai yang sudah habis. Hal tersebut bisa diketahui ketika menekan tombol-tombol remot tidak merespon ketika ditekan. Apabila terjadi masalah tersebut, kemungkinan besar bahwa baterai remot perlu diganti.

Fitur Remot Vario 150

Salah satu contoh fitur mutakhirnya yaitu smart key system yang ada di motor Vario 150. Teknologi pintar Honda ini menjadikan sepeda motor tidak perlu menggunakan kunci mekanis untuk menghidupkan mesin atau kunci stang pada motor.

Teknologi tersebut sudah dilengkapi dengan sistem pendukung keamanan anti theft alarm dan answer back system, supaya dapat memudahkan kalian mencari posisi motor berada, seperti pada tempa parkir. Bagi pemilik motor Vario 150 juga dapat mengatur sendiri fitur keamanan anti theft alarm dengan cara menonaktifkan dan mengaktifkannya kembali

Cara Menghidupkan Motor Vario 150 Remot yang Mati

Cara Menghidupkan Motor Vario 150 Remot yang Mati 1

Ketika dalam keadaan darurat, seringkali dibutuhkan cara menghidupkan motor remot yang mati, seperti pada Vario 150. Meskipun remot bisa memudahkan, akan tetapi teknologi tersebut memiliki kerugian dan keuntungan tersendiri. Berikut ada beberapa cara supaya bisa menghidupkan motor vario 150 yang remotnya mati.

1. Menggunakan Kode Darurat

Mencari kode darurat sepasang dengan remot saat baru membeli motor Vario 150. Kode ini biasanya menghubungkan motor ke remot dan dapat digunakan untuk menghidupkan motor seperti remot yang mati. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Siapkan kode yang terdiri dari deret angka
  • Hidupkan starter motor san tahan sampai indikator kuning berkedip pada speedometer
  • Masukan kode menggunakan komponen di starter
  • Menekan starter sesuai angka kode yang dimasukkan, tunggu bunyi jeda dari motor setiap kali angka dimasukkan
  • Jika sudah benar, motor tersebut akan berbunyi dan menyala

2. Menggunakan Teknik Potong Kabel

Cara ini biasanya dapat merusak komponen motor, tetapi bisa digunakan ketika kalian lupa dengan kode darurat. Berikut langkah-langkahnya.

  • Memotong kabel di bagian bawah komponen switch
  • Temukan kabel hitam dan merah, lalu kabel kedua tersebut dipotong menjadi dua bagian
  • Sambungkan kedua kabel dengan lakban
  • Hidupkan motor kembali dengan cara diengkol

3. Menggunakan Teknik Buka Jok

Membuka jok motor dan temukan kabel biru. Selanjutnya, pasang kabel tersebut di soket di sekitar aki dan masukkan kode darurat motor. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka jok menggunakan kunci jok
  • Mencari kabel biru di dalam jok
  • Pasangkan kabel ke soket yang berada di sekitar aki
  • Masukkan kode darurat motor
  • Cabut kabel biru, setelah dimasukkan dengan benar, maka motor motor akan hidup

4. Membuat Remot Duplikat

Jika remot mati, kalian dapat membuat duplikat remot dengan menyertakan kode darurat. Kalian bisa datang ke dealer ataupun bengkel resmi Honda seperti AHASS dan meminta bantuan petugas untuk membuat duplikatnya.

5. Membuat Remot Baru

Sebelum menghidupkan motor Vario 150 remot mati, kalian juga bisa membuat remot baru jika lupa terkait kodenya. Namun, pembuatan remot baru pasti jauh lebih mahal karena harus membeli dalam satu paket.

6. Ganti SCU dan ECM

Biasanya kalau mengikuti saran dari pabrikan itu harus ganti SCU dengan ECM baru. Namun, dari kedua komponen tersebut memiliki harga yang mahal. Tetapi, buat kalian yang mempunyai dana terbatas cukup di reset dengan menggunakan alat dan program khusus dari bengkel.

7. Mengganti Kode Akses Remot

Ketika salah satu antara remot utama atau cadangan mati, sebaiknya melakukan pemblokiran atau mengganti kode aksesnya ke bengkel terdekat. Dengan mengganti kode tersebut maka membuat akses remot yang mati tidak bisa digunakan lagi ke motor terkait.

8. Bawa ke Bengkel Resmi Honda

Cara mengatasi motor Vario 150 remot yang mati terakhir bisa mengunjungi bengkel resmi Honda. Tujuannya yaitu untuk membuat remot baru dengan menyatakan ID Barcode kendaraan. Setelah itu, salah satu pihak seperti mekanik akan memberikan remot baru dengan program sesuai dengan kode motornya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari www.abikublog.com mengenai cara menghidupkan motor Vario 150 remot yang mati dan disertai penyebab permasalahannya. Semoga artikel diatas bisa menjadi referensi ketika mengalami hal serupa.

Sumber: pinhome.id

Bagikan: