Biaya Perbaikan Oli Mesin Motor Rembes 2024: Matic & Bebek

Andri Darmawan

Biaya Perbaikan Oli Mesin Motor Rembes – Terdapat berbagai ongkos jasa perbaikan mengenai masalah oli mesin motor rembes. Dimana munculnya permasalahan tersebut biasanya disebabkan karena pengguna ataupun pemilik motor jarang melakukan perawatan secara berkala.

Karena oli mesin memiliki peran penting dalam menjaga kinerja motor, terkadang oli mesin bisa mengalami rembes atau kebocoran yang bisa menimbulkan masalah pada mesin. Oleh karena itu, pasti bingung berapa sih biaya perbaikan oli mesin motor mesin rembes yang harus dibutuhkan?

Sebelum membahas biaya perbaikan oli mesin motor rembes, kalian juga sebenarnya harus memahami apa penyebab permasalahannya. Adapun kebocoran oli mesin motor biasanya disebabkan dari beberapa faktor, salah satunya keretakan pada blok mesin akibat panas berlebihan.

Maka dari itu, apabila sobat Abikublog ingin memperbaiki oli mesin motor rembes, sebaiknya pahami terlebih dahulu biayanya. Nah, kesempatan ini kami akan memberi tahu rincian biaya perbaikan oli mesin motor rembes dilengkapi dengan beberapa penyebab munculnya permasalahan.

Penyebab Oli Mesin Motor Rembes

Seperti sebelumnya, sudah dijelaskan kebocoran oli mesin motor dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah penurunan jumlah oli dalam mesin sehingga menimbulkan kerusakan pada komponen mesin.

Oleh sebab itu, sebelum membahas lebih lanjut mengenai biaya perbaikan oli mesin motor rembes, ketahui dulu penyebabnya.

1. Volume Oli Berlebihan

Dalam dinding mesin biasanya terdapat informasi mengenai volume atau cairan pelumas yang sudah disarankan. Informasi tersebut bisa digunakan untuk mengetahui jumlah oli yang seharusnya ada dalam mesin motor. Kalau jumlah oli dalam mesin terlalu banyak atau melebihi batasnya, maka oli bisa merembes keluar.

2. Seal Oli Rusak

Ketika kondisi seal oli sudah dalam kondisi tidak baik, maka bisa menjadi penyebab kebocoran oli mesin motor. Hal ini terjadi jika komponen seal mengalami pecah atau retak akibat usianya sudah terlalu tua.

Perlu diketahui, bahwa seal oli terbuat dari bahan karet, jika terkena panas secara terus-menerus teksturnya bisa menjadi keras. Dalam kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan pada seal oli secara tidak terduga.

3. Paking Mesin Sudah Tua

Penyebab lain dari oli mesin motor rembes adalah paking mesin mengalami kebocoran. Hal ini terjadi karena usia paking sudah cukup tua atau kurangnya perawatan rutin oleh pemiliknya. Oleh sebab itu, jika motor dianggap sudah cukup tua, segera melakukan pemeriksaan kondisi komponen yang ada di dalam mesin motor.

4. Baut Oli Rusak

Penyebab terakhir yaitu baut lubang pembuangan oli sudah rusak atau aus. Kerusakan tersebut disebabkan oleh pemasangan baut dalam posisi miring atau terlalu kencang saat mengencangkan baut. Tentunya masalah ini akan menyebabkan oli mesin motor rembes di bagian bawah motor.

Bahaya Oli Mesin Motor Rembes

Ketika ingin mencari tahu besaran biaya perbaikan oli mesin motor rembes, wajib kalian ketahui juga beberapa akibat atau bahayanya. Memang benar bahwa mesin motor masih dapat digunakan ketika terjadi oli mesin itu rembes.

Namun, penting juga buat kalian untuk tidak membiarkannya dalam jangka waktu lama. Pasalnya, kebocoran oli pada mesin motor dapat memberikan dampak serius ke seluruh komponen di dalamnya.

Seperti kalian ketahui, rembesan oli akan menyebabkan berkurangnya kapasitas oli dalam mesin. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama bisa merusak komponen-komponen mesin, bahkan dapat mengakibatkan kerusakan parah seperti kegagalan mesin akibat kekurangan oli.

Ketika mesin mengalami kekurangan oli, intensitas gesekan antara komponen logam didalamnya akan meningkat. Hal ini menyebabkan kerusakan dari beberapa komponen, kerusakan tersebut meliputi goresan pada dinding silinder piston, penipisan kampas kopling, dan terjadi kebocoran lain seperti bearing crankshaft.

Biaya Perbaikan Oli Mesin Motor Rembes

Setelah mengetahui penyebab dan bahaya yang di alami pada motor, selanjutnya penting buat kalian mengetahui biaya perbaikan oli mesin motor rembes. Biaya perbaikan mesin motor umumnya lebih terjangkau dibandingkan mesin mobil, namun tergantung pada setiap bengkel yang menanganinya.

Seperti saat memperbaiki motor ngebul, ongkos perbaikan oli mesin motor rembes juga akan bergantung pada jenis kerusakan dan tingkat kesulitannya. Pada umumnya tarif perbaikan oli mesin motor rembes di bengkel berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 250.000.

Biaya tersebut berlaku untuk semua jenis motor, karena pada umumnya komponen-komponen kendaraan tersebut sama untuk hampir semua type. Berikut daftar ongkos jasa perbaikan oli mesin motor rembes berdasarkan jenis kerusakannya.

Jenis KerusakanBiaya
Baut rusakRp 15.000
Drat lubang pembuangan oli rusakRp 30.000
Paking mesin rusakRp 50.000 – Rp 100.000
Baut kurang kencangRp 10.000 – Rp 20.000
Ganti seal oliRp 100.000 – Rp 150.000
Perbaikan Paking MesinRp 150.000 – Rp 200.000
Ganti baut lubang pembuangan oliRp 200.000 – Rp 250.000

Perlu diketahui, bahwa biaya tersebut hanya perkiraan saja tergantung pada bengkel dan wilayah. Maka dari itu kalian lebih baik berkonsultasi langsung dengan bengkel terdekat, supaya mendapatkan informasi estimasi biaya akurat.

Tips Mencegah Oli Mesin Motor Rembes

Salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada motor adalah kebocoran oli merembes ke berbagai komponen motor. Jika tidak disadari, hal tersebut dapat membuat kerusakan serius, berdampak penurunan performa motor kalian.

Meskipun demikian, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan sebagai tindakan pencegahan munculnya permasalahan tersebut. Agar lebih jelasnya, dibawah ini akan kami berikan sejumlah tips mencegah oli mesin motor rembes.

  • Kencangkan semua baut atau ganti dengan yang baru
  • Ganti paking yang rusak
  • Gunakan sealant oli mesin
  • Ganti oli yang berkualitas
  • Periksa as gigi dan as engkol
  • Ganti tutup kopling dan tutup magnet pada blok mesin

Kesimpulan

Itulah penjelasan dari abikublog.com mengenai biaya perbaikan oli mesin motor rembes disertai penyebab dan tips untuk mencegahnya. Semoga bisa jadikan referensi buat kalian ketika ingin melakukan perbaikan motor.

Bagikan: